Web Design adalah proses membuat suatu website, ini meliputi beberapa aspek yang berbeda, diantaranya : tata letak halaman website, konten, dan desain grafis.Selain web design kita juga sering mendengarkan istilah web development. Secara teknis dapat dikatakan web design merupakan bagian dari web development.

Dalam pendekatan klasik, desain menggambarkan tampilan visual dari sebuah website, sedangkan dalam pendekatan tradisional sebaliknya, mewarnai, keseimbangan, penekanan, irama, gaya elemen grafis (garis, bentuk, tekstur, warna dalam dan arah), penggunaan ikon, tekstur latar belakang dan tampilan umum sebuah website secara keseluruhan. Semua elemen ini dikombinasikan dengan prinsip-prinsip dasar desain dalam rangka menciptakan hasil yang luar biasa untuk pembuatan sebuah website.

Website dibuat dengan menggunakan bahasa markup yang disebut HTML. Desainer web membangun halaman web menggunakan tag HTML yang menentukan isi dan metadata dari setiap halaman. Tata letak dan penampilan dari unsur-unsur dalam sebuah halaman web biasanya didefinisikan dengan menggunakan CSS (Cascading Style Sheet). Oleh karena itu, sebagian website mencakup kombinasi HTML dan CSS yang mendefinisikan bagaimana setiap halaman web akan muncul dalam browser.

Beberapa web designer memilih membuat coding HTML dan CSS dari awal, sementara yang lain menggunakan “WYSIWYG” editor seperti Adobe Dreamweaver. Jenis editor ini menyediakan antarmuka visual untuk merancang tata letak halaman web dan perangkat lunak yang secara otomatis menghasilkan coding HTML dan CSS yang sesuai. Cara lain yang lebih populer untuk desain website adalah dengan sistem manajemen konten seperti wordpress dan joomla. Layanan ini menyediakan template website yang berbeda yang dapat digunakan sebagai titik awal pembuatan website. Webmaster dapat menambahkan konten dan menyesuaikan tata letak menggunakan antarmuka berbasis web.

Biasanya HTML dan CSS digunakan untuk membuat tampilan sebuah website supaya kelihatan bagus dan menarik, gambar juga disertakan secara terpisah. Itulah mengapa desain grafis selalu bersingungan dengan desain website, Sejak graphic designer sering membuat gambar untuk digunakan di website. Beberapa aplikasi graphis seperti Adobe Photoshop mempunyai menu pilihan seperti “save for web” yang nenyediakan cara paling mudah untuk ekspor gambar dalam bentuk format yagn paling optimal untuk pemakaian di website.

Di Mataweb, materi kursus web design terdiri dari : HTML5, CSS3, JQUERY dan PHOTOSHOP for WEB (SLICING).